Sunday 29 December 2019

Merawat Ingatan & Kenangan

22 Desember 2019
Saya pulang ke rumah, tempat ternyaman dalam hidup saya.
Bertemu bapak dan ibu, berkumpul lengkap dengan adik adalah moment terbaik dalam hidup saya. Seringkali saya ingin menghentikan waktu dan menikmati lebih lama saat-saat itu.

Sebuah sore, ibu dan saya duduk di teras rumah. Rumah kami sejenis rumah panggung asli desa. Kami berselonjoran, ibu saya sedang menjahit baju - baju yang bolong. Sebuah percakapan yang akan selalu saya ingat.


A : Bu, dulu iin waktu kecil itu kayak gimana sih?
I : Cerewet, Penasaran, kalo kata anak sekarang kepo (tertawa). Iya, kamu itu waktu kecil aduuuh suka bikin ibu pusing dan emosi terus bawaannya. Apalagi waktu itu banyak sekali hal susah yang kita alami. Kamu kalau ibu suruh lakuin sesuatu pasti tanya dulu. Misalnya, in sholat maghrib dulu, kamu akan nanya kenapa kita harus sholat bu? kalo jawabannya ngga memuaskan kamu, kamu bakal tanya terus sampai ketemu jawaban atau bakal nangis karena ngga dijawab hahaha. Kalau dijawab, sholat biar ngga masuk neraka, kamu jawab neraka itu apa? kenapa kalo nggak sholat masuk neraka? neraka ada dimana? aduh ibu pusing..Terus kalau ada orang lewat kamu bakal tanya ke ibu atau bapak atau eyang kakung dan eyang putri, "itu siapa? namanya siapa? rumahnya dimana?" kalau udah kenal orangnya kalo lewat kamu bakal sapa dia. Terus dulu waktu kecil, kalau kamu dikasih orang uang atau makanan atau apapun itu kamu pasti liat ibu dulu, kalau ibu bilang boleh kamu ambil, kalo ibu bilang enggak, kamu langsung ngumpet di belakang ibu. Maaf ya nak, ibu pendidikannya hanya SD, jadi ngga bisa banyak jawab pertanyaanmu dulu..
Terus kamu itu waktu kecil sukanya baca, dari buku, koran, majalah, apapun kamu baca. Kalo udah baca bisa berjam - jam. Pernah korannya ibu pake bungkus gorengan, kamu marah dan ngga mau mandi. Terus ibu mandiin kamu, habis d mandiin kamu guling - guling di tanah hahahaha
aduuuh... nanti kalau kamu udah jadi ibu rasain tuh dapet anak hobi rewel, cerewet dan ngomel2 hahahaha

dan kamipun tertawa

banyak sekali kenangan, dan ini salah satunya.

No comments:

Post a Comment