Tuesday 22 September 2015

Office Workout

Halo teman - teman. Jadi, ini sudah beberapa bulan saya kerja dari rumah, di depan komputer, sendirian~ (yang penting ada internet ^_^) di sebuah rumah di desa yang jauh dari kerumunan. Jangan tanya kenapa bisa ada internet di sana wkwkw ceritanya panjang sekali -__-
Sebelumnya juga saya kerjanya di depan komputer, duduk berjam-jam, seharian penuh. Lama - lama saya merasa lelah~
Sering merasa cepat sekali capek, dan saya nggak tahan duduk terlalu lama. Iya, terlalu lama~
Akhirnya saya mencari cara bagaimana agar tetep sehat.  Yup, Olahraga! kalau mau sehat ya olahragalah~ jangan ke dukun lho, atau ke dukun aja tapi pagi - pagi sambil jogging. Sehat tuh.
Selain itu, duduk terlalu lama juga memiliki dampak buruk lhoo :( kalo gak kuat baca di scroll aja ke bawah.
Ini dia 5 Akibat duduk terlalu lama yang menurut saya paling serem, sebenarnya masih banyak lagi, tapi saya takut bacanya :| 

Menyebabkan Obseitas
Tidak banyak gerak, berlama-lama duduk, menurut sejumlah pakar gizi dapat menyebabkan obesitas, atau kerap disebut dengan penyakit kegemukan.  Dalam beberapa jurnal kesehatan, disebutkan bahwa duduklah dengan porsi yang cukup, yakni maksimal 1,5 jam dan kemudian diselingi dengan waktu berdiri atau bergerak yang agak lama.

Menyebabkan resiko penyakit Jantung
Temuan mengejutkan terjadi di negara Australia. Disebutkan dalam suatu keterangan, sekitar 46% orang yang banyak duduk dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung, dan umunya di derita oleh orang yang sehari-hari hanya duduk diam menonton tv atau di depan komputer.

Menyebabkan Resiko Kanker

Studi kesehatan di benua Eropa menyebutkan bahwa risiko kanker dipicu oleh salah satu faktor banyak duduk

Mengurangi  Umur
Beberapa  studi, dan fakta di bidang kesehatan menyebutkan bahwa banyak duduk dapat menyebabkan risko kematian. Salah satu bukti nyata, adalah kasus salah satu pemain game online di negara Korea Selatan yang meninggal gara-gara terlalu banyak duduk di depan komputer nya selama berhari-hari karena bermain game.

Menyebabkan Stres
Kebanyakan duduk mengerjakan suatu pekerjaan dan aktivitas tanpa perenggangan otot dan badan mengakibatkan beban ke otak semakin berlebihan. Hal ini menjadi salah satu unsur pemicu stres.

Nah, gimana caranya biar nggak sampai parah begitu?

1. Rajin Olahraga, jika kalian nggak sempet olahraga di luar ruangan, saya ada beberapa office workout yang bisa d coba d ruangan kerja kalian nih. Saya juga mencoba menerapkan workout ini.
Office Workout
Office Workout

 Workout ini bisa d lakukan di waktu istirahat di kantor nih, atau pas kerjaan lagi longgar atau pas rileks. Menyeimbangkan otot dan otak begitulah.

 2. Minum Air Mineral yang banyak, sediakan botol air minum kalian di meja, saya jelas melakukan ini karena saat saya kehausan saya nggak bisa berpikir wkwkw >.<  tempat penyimpanan harus aman ya, jadi botolnya terjamin aman biar nggak tumpah, kalau tumpah kan repot. Selain itu karena sering minum maka kalian akan sering riwa riwi ke toilet, jadi sering jalan deh :D

3. Sholat di awal waktu, buat Kalian yang muslim, ini moment berharga. Allah maha baik sekali, sudah banyak yang membahas manfaat sholat untuk kesehatan kan? Nah, saat dhuhur atau ashar gunakan kesempatan itu, langsung sholat. Saat terkena air wudhu rasanya adem banget kan?

4. Konsumsi buah buahan, berhubung saya seneng sekali dengan buah saya usahakan setiap hari untuk membuat jus buah atau membuat infus water sendiri, menurut saya sendiri buah - buahan membuat mood saya enakan.


5. Jangan terlalu lama menatap layar monitor. Ini bisa bahaya lho, nanti monitornya grogi lama di pantengin wkwk.

6. Gunakan waktu istirahat untuk bergerak, meyapa teman kantor, berkeliling kantor, kalo kalian d rumah seperti saya sekarang, cukup keliling ke pekarangan rumah atau yang intinya jangan duduk di tempat kerja Anda saat istirahat. Oke?

Nah itu aja cukup, itu yang sudah saya terapkan, dan semoga saya istiqomah menerapkan tips yang saya buat sendiri.

Thanks to Sources; livingwell.co.id , pinterest.com , google.com

No comments:

Post a Comment